RSS

Regulasi Diri “Share and You get the Benifit “.

21 May

Apa itu Regulasi Diri?

Regulasi Diri adalah suatu proses yang memungkinkan seseorang untuk mengatur aktifitasnya, pikirannya dan perilaku dengan usaha yang lebih besar untuk mencapai tujuan yang diinginkannya. Regulasi Diri merupakan dasar proses sosialisai karena berhubungan dengan seluruh domain yang ada dalam perkembangan Fisik, Kognitif, Sosial dan Emosional. (Papalia & Odds, 2001) .

Lalu bagaimana cara kita untuk dapat membangun ataupun menciptakan Regulasi Diri kita sendiri, demi terwujudnya apa yang kita inginkan? Menurut Miller & Brown, mereka memformulasikan beberapa proses yakni:

1. RECEIVING 

Atau menerima informasi yang relevan, yaitu langkah awal individu dalam menerima informasi dari berbagai sumber. kita ambil contoh, seorang mahasiswa dimana ia mendapat tugas untuk membuat suatu presentasi yang baik dan benar, maka Ia harus mencari dahulu informasi apa yang menyangkut tentang pembahasan ataupun presentasi tersebut. mungkin melalui Radio, Koran, Majalah, Buku, Internet, dan lain-lainnya.

2. EVALUATING 

Dari contoh diatas dapat kita ketahui setelah seorang mahasiswa tersebut mendapat informasi tentang tugsanya maka ia tahu apa yang harus ia lakukan selanjutnya, yaitu Mengevaluasi Informasi tersebut. bagaimana ia mempertimbangkan beberapa informasi yang ia perlukan,atau mem-filter beberapa informasi yang ia butuhkan.

3.Triggering

Atau membuat suatu perubahan. Individu menghindari sikap-sikap atau pemikiran-pemikiran yang tidak sesuai dengan informasi yang didapat dibandingkan dengan norma-norma yang ada. Dimana mahasiswa tersebut mengambil keputusan untuk melakukan Editing dalam mendapatkan informasi,yang harus disesuaikan dengan norma-norma yang berlaku.tidak melakukan Copy-paste,Plagiat,dll. mahasiswa harus mampu dalam berkreasi dan kreatif dalam berkarya dan berinovasi dan mampu bersaing dengan mahasiswa yang lain.

4. SEARCHING 

Atau mencari solusi. Kebutuhan untuk mengurangi pertentangan dimulai dengan mencari jalan keluar dari permasalah yang dihadapi. bagaimana seorang mahasiswa dapat mencari soslusi bukan mempersulit solusi itu sendiri. Melakukan diskusi bersama-sama dengan teman-teman dan menanyakan kepada senior ataupun para pendidik yang berpengalaman dalam memberikan solusi yang tepat.

5. FORMULATING 

Atau memulai untuk membuat suatu rancangan atau rencana. bagaimana atau tindakan apa yang harus dilaksanakan setelah semua informasi didapat. menyusun orientasi kedepan dengan matang.

6.IMPLEMENTING

Atau menerapkan rencana. setelah rencana tersusun dengan matang tinggal bagaimana seorang mahasiswa tadi melakukan atau menerapkan informasi tadi.

7. ASSESSING

Atau mengukur efektifitas dari rencana yang telah dibuat,apakah mengalami perbuahan atau tidak sama sekali. Dengan cara apakah anda mengukur Ke-efektifitas dari informasi yang anda dapat itu. yaitu dengan cara apakah informasi yang didapat mempengaruhi informasi orang lain atau tidak apakah bertambahnya informasi orang lain atau malah tidak bertambah sama sekali.

CARA MENUMBUHKAN REGULASI DIRI YANG BAIK

Berdasarkan kerangka konseptual Zimmerman (Schunk, dkk: 2010), proses regulasi diri dapat dipahami melalui sejumlah pertanyaan kunci:

TOPIK PEMBELAJARAN                                           SUBPROSES DALAM REGULASI DIRI

WHY (Mengapa)                                                    Self efficacy & self goals

                                                                                 ( keyakinan dan tujuan diri)

 

HOW (Bagaimana)                                                 penggunaan strategi atau peforma yang rutin

 

WHEN (KAPAN)                                                     Manajemen Waktu 

 

WHAT (APA)                                                                Observasi diri,penilaian diri,reaksi diri

 

WHERE (DIMANA)                                                       usaha mengatur lingkungan yang nyaman

 

With Whom (dengan siapa)                                         mencari bantuan mandiri yang selektif

 

Elemen penting dalam regulasi diri adalah bahwa pembelajaran memiliki sejumlah pilihan yang tersedia dalam minimal satu area tersebut diatas karena ketika semua aspek dari tugas dikontrol, maka perilaku yang muncul adalah hasil pengaturan dari luar (externally regulated) .

Jadi bagi anda apakah anda sendiri telah membuat Rancangan regulasi diri yang tepat? demi terciptanya impian anda? 

“Mulailah dengan apa yang anda inginkan lalu putuskanlah suatu tindakan yang berarti demi terwujudnya apa yang anda Impikan untuk masa depan “–Chrisce Juonata Kaunang .

Follow me: @Chriscekaunang

 

 

 
Leave a comment

Posted by on May 21, 2013 in MY ARTICLE

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: